Lesson Plan

Label:

LESSON PLANS



School

Subject
English
Class / Semester
VIII / I
Standard Competence
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Basic Competence
Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal ( bersosialisasi ) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: mengakui dan mengingkari fakta
Skill
Listening
Time
4 x 40 minutes
Goals
1.    Identify and Respond to expressions for admitting and denying a fact
2.    Practise how to admitt and deny a fact in front of the class





I. Materi Pembelajaran

1. Expression for admittting and denying a fact

  1). To admit a fact, you could use these expressions:

        • Yes, I admit it.

        • Yes, I did ….

       • Yes, it’s true.

     2). To deny a fact, you could use these expressions:

         I’m not lying, Dad. (actually you lie).

         No, I didn’t say that. (actually you said it).

       The flower smells good. (actually the flower smells bad)

How To Express Admitting and Denying Facts (Mengakui dan Menyangkal Fakta).

Kita bisa juga menggunakan ungkapan-ungkapan berikut ini untuk mengakui dan menyangkal fakta.

Ungkapan mengakui fakta (Admitting facts):

* Yes, that's right.

* Absolutely.

* That's it.

Ungkapan menyangkal fakta (Denying facts)

* No, it isn't, actually.

* I'm afraid that's wrong.

* It's not true.

Untuk berlatih, silahkan jawab pertanyaan di bawah ini menggunakan ungkapan-ungkapan diatas. Ucapkanlah dengan cepat dan suara keras.

1. I think you are afraid of spiders.

2. Your English is improving so far.

3. SBY isn't a good president.

4. You often get up late in the morning

  

II.    Metode Pembelajaran

      Three-phase technique.

            Pre listening



            Whilst listening



            Post Listening



III. Langkah-Langkah Kegiatan



a.      Kegiatan Pendahuluan

1.    Salam dan tegur sapa

2.    Melakukan pengecekan keadiran siswa

3.    Tanya jawab berbagai hal yang berkaitan ungkapan yang akan dipelajari

4.    Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

5.    Menjelaskan cakupan materi dan penilaiannya.

6.    Menghubungkan materi dengan kehidupan siswa sehari-hari untuk memperoleh pemahaman siswa.


b.     Kegiatan Inti

A)    Eksplorasi



Dalam kegiatannya guru:



      Mendengarkan dialog tentang ungkapan admitting and denying a fact melalui ucapan guru atau media electronik seperti CD, Podcast, atau MP3 .

      Mengidentifikasi kosakata sulit yang terkait dengan ungkapan admitting and denying a fact dan pemakaian tata bahasa untuk membentuk kalimat sederhana.

      Menemukan jenis kalimat yang dipakai dalam ungkapan menawarkan, meminta danmenolak jasa dan barang, mengakui dan mengingkari fakta, meminta dan memberi pendapat.dan memberi barang dan jasa.



B)    Elaborasi.



Dalam kegiatannya guru meminta siswa untuk:



      Membahas ungkapan yang telah ditemukan siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran.

      Merespon kalimat-kalimat yang diucapkan guru terkait admitting and denying a fact dengan menirukan kembali.

      Menjawab pertanyaan tentang isi ungkapan admitting and denying a fact melalui ungkapan yang diucapkan guru atau melalui media.



C)    Konfirmasi.



Dalam kegiatannya guru:



      Memberi umpan balik tentang ungkapan admitting and denying a fact yang telah diperagakan.



      Membuat rangkuman materi tentang admitting and denying a fact.





c.      Kegiatan Penutup

1.    Menanyakan berbagai kesulitan siswa.

2.    Menyimpulkan materi dan hal-hal yang telah dibahas.

3.    Siswa mendapatkan tugas untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari dalam situasi yang sesungguhnya.

4.    Menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan yang akan datang.



IV.  Sumber/Media Pembelajaran

1.    LKS Bahasa Inggris, Saras, Sinar Abadi.

2.    Let’s Talk, Pakar Raya, Bandung, 2005.

3.    English in Focus Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2008.





V.    Technic Pembelajaran

    Three-phase technique.



VI. Assesment.



While listening, complete the dialogue.

Father                : Rian, don’t 1)..........to water the plants. They will die if you do not water them. Twice a day.

Rian                 : Okay, Dad. I will not forget.

The next day, Rian forget to water the plants. Then, two days later....

Father                : Rian, the plants are 2)......... I have told you to water them. Did you water them yesterday?

Rian                 : Ummmm......... Yes, I did.

Father              : But why are the plants dead now? Don’t 3)........to me.

Rian                 : I do not lie, Dad?

Father                : Lying is a bad habbit, isn’t it? Now tell me. Did you water the plants yesterday?

Rian                 : Actually...... I forgot, Dad.

Father              : So you didn’t water the plants.

Rian                 : No, I didn’t. I’m sorry.  I 4)............ I won’t forget next time.

Father              : Promise me you won’t lie next time.

Rian                 : I promise.



Student’s Score = Total Score x 2,5 = 4 x 2,5 = 10


0 komentar:

Posting Komentar